Merebut Bola dengan Efektif & Tackle Bersih

Sabtu, 02 Oktober 2010


salah satu cara untuk membuat lawan menjadi frustasi adalah tidak membiarkan lawan berlama-lama menguasai bola. Setiap lawan mendrible bola, langsung pressing dan terjang dengan tackle bertubi-tubi. Takut mendapatkan kartu merah ? Ya tackle yang benar dong.. hehehe..

mungkin untuk teman-teman yang sering bermain melawan komputer (AI), pasti sering jengah karena berkali-kali mendapatkan tackle yang terkadang sangat kasar, namun wasit tak memberikan pelanggaran..

ya.. pada PES 2010 ini semua wasit memang tampak tidak terlalu peka terhadap pelanggaran. Inilah kesempatan kita untuk merusak permainan lawan dengan tackle-tackle berat namun bersih..


Mungkin sebagian besar teman-teman terbiasa mengejar lawan yang menguasai bola dengan tombol X. Tidak salah sih.. tapi terkadang tidak terlalu efektif.. karena mengejar dengan tombol X itu sangat mengandalkan body ball dari pemain kita.. jika body ball-nya kalah, maka sangat sulit merebut bola dari kaki lawan..


Ada cara yang lebih efektif selain menekan tombol X, yaitu dengan mempergunakan tombol kotak. Kelebihan dari tombol kotak ini adalah kita bisa “mengeroyok” pemain lawan dengan 2 pemain sekaligus. Sehingga akan memudahkan kita untuk menutup ruang gerak lawan dan mencuri bola sesegera mungkin. Contohnya adalah sebagai berikut :

Klik Tombol:


Ketika kita menekan tombol kotak (tombol kotak ditahan), maka secara otomatis pemain A akan mengejar pemain lawan yang mendrible bola. Pemain B yang berada didepan pemain lawan adalah kunci dari berhasil tidaknya kita merebut bola tersebut, karena pemain ini bisa kita gerakkan secara bebas. Biasanya ketika lawan sudah terdesak, saya langsung melakukan tackle.. cekidot !

Klik Tombol:




Agar teknik merebut bola ini beralan dengan efektif, maka kita harus bisa mentackle dengan bersih. Hal yang paling terpenting ketika mentackle adalah tentu saja posisi pemain yang mentackle dan yang akan ditackle.. setidaknya sudut tackle adalah 90 derajat (waduh..main sudut lagi ni..hehehe..) cekidot !

Klik Tombol:








Untuk gambar pertama, jika pemain A lari lurus ke pemain B sedangkan pemain B terus menggiring bola, maka pemain A akan tertinggal dan jika tetap memaksakan diri untuk mentackle, maka tackle hanya akan mengenai pemain dan ujung-jungnya pelanggaran..


Untuk itu, saya berlari menyerong untuk menciptakan sudut tackle mendekati 90 derajat. Dan ketika dirasa cukup, langsung menekan tombol lingkaran. Bola pun berhasil diamankan..


Satu hal lagi, jika pemain lawan yang sedang mendrible bola terlalu jauh dengan bola yang di driblenya, jangan ragu untuk langsung menerjang pemain tersebut dengan tackle. Walaupun terlihat keras, namun tetap saja wasit menganggap itu tackle bersih.. hehehe..

Jika teman-teman mempergunakan formasi dengan jumlah bek (CB khususnya) sebanyak 3 orang atau lebih sedikit dari itu, maka tombol kotak bisa menjadi kunci berhasilnya jebakan offside. Karena 2 pemain akan langsung mengejar secara bersamaan sehingga bisa meninggalkan pemain lawan dalam posisi offside..

Ok, cukup sekian.. selamat mencoba dan semoga bermanfaat!!!



0 comments:

Posting Komentar

Komentar bernada sara, pornografi, atau kekerasan akan dihapus oleh admin. Berkomentarlah dengan bijak

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme