Menyusun Formasi Yang Baik

Jumat, 01 Oktober 2010


Pernahkah teman-teman mendengar pertanyaan seperti ini?
“Cara main PES yang bener itu gimana to? “
“Cara supaya bisa memegang kendali permainan itu gimana to?”
“cara supaya bisa mencetak banyak gol itu gimana to?”
“cara supaya bisa menciptakan pertahanan yang kuat itu gimana to?”
Dan masih banyak pertanyaan-pertanyaan lainnya terkait PES 2010.. intinya kita semua mencari kemenangan kan? Sukur-sukur bisa menang telak alias dengan skor yang besar..he22..

Sebenarnya banyak sekali Tips dan Trik yang bisa kita bahas bersama untuk bisa menjadi pemain PES yang PRO.. Namun menurut saya, yang paling mendasar dari semua itu adalah terkait strategi dan formasi yang kita usung ketika bertanding..

Formasi yang kita pergunakan sangat mencerminkan pola permainan yang akan kita pakai.. Seseorang bisa memiliki alur penyerangan yang sangat liar, bisa memiliki pertahanan yang sangat rapat, atau memiliki possesion footbal yang sangat apik hanya karena formasi dan strategi yang ia pergunakan..

Oleh karenanya, Tips dan Trik pertama, kita akan membahas mengenai formasi permainan.. Pertama-tama, tentukan dulu karakter permainan teman-teman.. Jika lebih senang bermain dengan serangan balik yang super cepat namun mematikan, pergunakanlah formasi dengan menitik beratkan pada pertahanan.. bisa mempergunakan 5-3-2 atau 4-4-2 defense..

Jika lebih senang bermain dengan frekuensi penguasaan bola yang tinggi, maka perbanyaklah pemain di lini tengah.. untuk formasi bisa mempergunakan pola 4-4-2 atau 3-5-2..

Jika lebih senang bermain dengan All out attack, maka perbanyaklah komposisi pemain di lini tengah dan depan.. untuk formasi bisa mempergunakan 3-4-3 atau 3-3-1-3..


Untuk penempatan posisinya, teman-teman bisa meng-edit sendiri sesuai degan selera.. pada kesempatan kali ini, saya akan memberi tahu sebuah formasi hasil penemuan saya yang saya jamin tidak ada satu orang pun kecuali saya dan teman-teman yang telah bertanding dengan saya yang memakai formasi ini dari awal.. formasi yang sangat kuat dalam menyerang, sangat kuat dalam menguasai bola, serta tangguh dalam bertahan (tergantung siapa center back-nya)..formasi itu adalah :



Bingung? Jangan salah melihat ya..he22..
2 bulatan biru itu adalah CB (Center Back), bukan Striker loh.. jadi formasinya adalah 2-2-3-3..
Bisa dikatakan saya adalah orang yang berkarakter total footbal jenis full attacking.. saya sependapat dengan kata-kata para pakar sepakbola, “menyerang adalah pertahanan terbaik..”


Banyak sekali kelebihan dari formasi ini.. possesion footbal jadi milik kita, attacking menjadi dahsyat karena mempunyai dua bagian yang sama baiknya (menusuk dari tengah atau dua sayap), dan pertahanan berlapis karena menggunakan 2 DM (deffensif Midfielder) dan dibelakangnya terdapat 2 CB..


Satu hal yang harus teman-teman perhatikan adalah, pastikan teman-teman mempunyai 2 DM yang memiliki Body Balance diatas 75, dan 2 CB yang memiliki Body Balance diatas 80.. karena 4 pemain inilah yang akan menentukan kuat tidaknya pertahanan kita.. percuma kan menyerang terus-menerus tapi sekali kena counter attack pertahanan kita langsung jebol..


Jika tidak memiliki kriteria diatas, maka pergunakanlah formasi 3-1-3-3 dibawah ini.. sama kuatnya kok..



Oya, saya lupa bilang soal posisi pemain belakang pada formasi yang saya pergunakan.. perhatikan posisi tiga bek diatas dengan posisi 3 CB dibawah ini..



Ketemu bedanya? Ya..3 CB semua formasi default di PES lebih dekat dengan kotak pinalti kita, tapi 3 CB pada formasi saya cenderung berada lebih depan.. terdapat dua keuntungan pada posisi ini, kita bisa lebih cepat mematahkan alur serangan lawan dan lebih mudah menerapkan offside trap.. perhatikan batas area CB pada formasi 2-2-3-3 dibawah ini :




Sama halnya dengan formasi 3-1-3-3 diatas, letakkan 3 CB di batas posisi paling depan dari seorang CB.. dijamin maknyus deh dalam menangkal serangan.. saya sendiri tidak sepakat jika ada orang yang mengatakan 4 Bek dengan komposisi 2 CB dan 2 SB (Side Back) itu lebih aman.. nyatanya sering kali 2 bek sayap (SB) meninggalkan posisinya.. maka pada akhirnya sama saja dengan mempergunakan 2 bek kan..jadi lebih baik mempergunakan 3 CB yang memang betul-betul Fokus pada pertahanan..

OK.. cukup sekian, semoga Bermanfaat..



1 comments:

Wildan Anas Pratita mengatakan...

Nice info... !!!
Salam kenal.. dari Wildan Anas Pratita Blog

Posting Komentar

Komentar bernada sara, pornografi, atau kekerasan akan dihapus oleh admin. Berkomentarlah dengan bijak

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme