AC Milan

Minggu, 10 Oktober 2010

Mau tau caranya memainkan team yang satu ini? langsung aja dibaca tutorial ini dari awal hingga akhir ya bos..
Key Player
Zlatan IBRAHIMOVIC


Pemain yang baru bergabung di bursa transfer Agustus lalu ini jelas menjadi bintang di lini depan Milan. Segala urusan di lini depan menjadi lebih mudah dengan kehadirannya. Kuat di duel udara, kokoh dalam mendrible bola, serta akurat dalam melepaskan shooting ke arah gawang.. Pastikan satu tempat di lini depan untuk dirinya..


Formasi, Pemilihan & Peletakan Posisi Pemain


3-4-3 adalah formasi yang paling pas untuk tim ini. Hal ini dikarenakan melimpahnya pemain yang berkarakter menyerang. Bagaimana mungkin kita bisa menelantarkan salah satu dari 4 pemain ajaib di lini depan seperti Ibrahimovic, Alexandre Pato, Ronaldinho, dan Robinho. Setiap orang pasti ingin memainkan keempatnya sekaligus seperti saya.. hehehehe.. jadi, jika anda ingin bermain menyerang, pergunakan formasi 3-4-3 seperti diatas. Tentu saja dengan pemilihan pemain seperti yang tertera di atas.. 3 CB (Centre Beck), 1 DM (Defensif Midfielder), 2 SM (Side Midfielder), 1 AM (Attacking Midfielder), 2 SS (Second Striker), 1 CF (Centre Forward)..

Satu hal yang memusingkan tentu saja meletakkan 3 pemain yang menurut saya mempunyai peran yang sangat penting bagi tim. Mungkin anda bingung kenapa saya menempatkan Robinho di sayap kanan, sedangkan Ronaldinho di penyerang kanan. Sebenarnya saya ingin menukar posisi 2 pemain itu, sayangnya Ronaldinho tidak bisa bermain sebagai Side Midfielder..

Jika anda tetap ingin memainkan Robinho sebagai penyerang kanan, mainkan Abate sebagai gelandang sayap kanan atau Right Midfielder (RMF) dan simpanlah salah satu antara Ronaldinho atau Pirlo. Karena keduanya berposisi sebagai gelandang serang. Walaupun Pirlo pada dunia nyata berposisi sebagai gelandang bertahan, sangat tidak bijak memainkan Pirlo di gelandang bertahan pada game ini.. Pirlo sangat tidak mumpuni memainkan peran sebagai gelandang petarung karena tidak memiliki speed, stamina, dan body balance yang cukup baik. Kecuali jika anda meniadakan side midfielder dan memakai 2 gelandang bertahan lainnya seperti Ambrosini dan Flamini.

Untuk gelandang bertahan, saya lebih menyukai menaruh Gattuso pada posisi ini karena lebih bertenaga. Tapi jika anda ingin memakai Ambrosini atau Flamini juga tidak akan terlalu banyak mengurangi kekuatan di lini tengah. Hanya saja segera masukkan Ambrosini jika anda selalu kalah duel udara di lini tengah.

Untuk 3 bek sejajar, jelas menjadi milik Kaladze, Nesta, dan Thiago Silva. Jika ingin mengganti salah satu dari ketiganya, ganti salah satunya dengan Onyewu atau Yepes. Jangan lupa untuk sedikit memajukan posisi 3 CB itu agak ke depan. Kenapa? Baca alasannya di LINK INI.. Untuk urusan menjaga gawang, karena Dida sudah tidak lagi bermain untuk Milan, saya mempercayakannya kepada Abbiati.

Jika anda ingin berekspresi dan menggunakan formasi 2-2-3-3 (keterangannya baca di LINK INI.), saya kira susunan pemain tidak ada bedanya dengan formasi 3-4-3 di atas. 2 gelandang bertahan ditengah sesuaikan dengan selera anda siapa yang ingin dimasukkan.. Untuk 2 beknya, usahakan untuk memainkan Silva dan Nesta secara bersamaan.

Pergantian Pemain Ketika Pertandingan Berlangsung
Pergantian pemain biasanya dilakukan karena 3 hal, yaitu pemain kelelahan, pemain cidera, dan salah satu pemain terkena kartu merah sehingga kita harus mengubah formasi dan memasukkan pemain yang sesuai dengan formasi baru.

Dari stats pemain-pemain Milan, ada 4 pemain yang memiliki stamina agak buruk. Keempat pemain tersebut adalah Nesta, kaladze, Pato, dan Ronaldinho. Khusus untuk dua nama terakhir, apabila kita sering membuat kedua pemain tersebut adu lari secara rutin dengan bek-bek lawan, maka kemunkinan besar hanya akan bertahan selama 75 menit. Selebihnya, permainan keduanya tidak akan maksimal lagi. Apabila tanda-tanda ini terjadi, segera masukkan dengan pemain baru yang lebih fresh.. Inzaghi bisa jadi pilihan. Tarik Ibrahimovic menjadi Second Striker dan letakkan Inzaghi di Centre Forward.

Untuk pemain yang rawan cidera, ada 2 orang di tim ini (dari stats yang terlihat). Kedua orang itu adalah Nesta dan Inzaghi. Jika Nesta cidera, segera ganti dengan Onyewu, Yepes, atau Bonera.

Strategy
Jika masih agak kurang paham soal strategy di PES 2010 ini, baca tutorialnya di LINK INI. ya. Ok, kalo’ sudah, adapun variasi settingan strategy-nya bisa temen-temen atur seperti di bawah ini..



Jadi, tombol yang dipergunakan untuk mejalankan strategy ini ketika pertandingan berlangsung adalah sebagai berikut :
1.tombol L1 + Bulat (Merah) = Offside Trap (pencet ketika lawan sudah melewati garis tengah lapangan)
2.tombol L1 + Silang (Hijau) = Pressure (pencet ketika lawan sedang menguasai bola)
3.tombol L1 + Segitiga (Orange) = Counter Attack (pencet ketika akan melakukan serangan balik)
4.tombol L1 + Kotak (Biru) = Opp. Side Attack (pencet ketika akan bermain melebar)

Dari strategy diatas, terlihat tidak ada strategy yang menuntu untuk memperkuat pertahanan atau bermain defensive. Knapa? Ya karena Milan diciptakan untuk bermain menyerang, bukan bertahan.. hehehehehe..

Penentuan Game Maker


Pria di atas jelas menjadi kandidat paling kuat untuk menjadi dirigen permainan Milan. Dengan stats Short Pass Acc dan Long Pass Acc seperti diatas, sangat mudah baginya untuk menyuplai bola-bola berbahaya bagi pemain depan. Jangan ragu untuk sering-sering melepaskan umpan terobosan (tutorialnya di LINK INI.) ke striker-striker Milan yang notabene adalah pemain-pemain sprinter.

Penentuan Fre kick taker


Pirlo memang cukup mendominasi seluruh tendangan bola-bola mati bagi Milan. Dengan Stats seperti di atas tak sulit baginya untuk menciptakan gol dari tendangan free kick. Tendangan pojok pun bisa menjadi alternative menciptakan peluang berbahaya apabila si pengumpan adalah Pirlo. So, segera setting Free Kick Taker-nya menjadi seperti dibawah ini.. hehehe



ini adalah salah satu korban dari Free Kick Pirlo..







untuk tips mencetak gol lewat free kick, baca di LINK INI ya bos..

Kapten Tim
Alesandro Nesta, Gennaro Gattuso, Masimmo Ambrosini dan Andrea Pirlo adalah kandidat kuat pemegang Ban Kapten di tim ini..

Pengaturan Serangan dari Awal Hingga Akhir.
Serangan one two touch memang selalu menjadi andalan bagi pemain Pro di konsol game ini. Apalagi jika sebuah tim yang dipakai mempunyai pemain-pemain yang mempunyai speed di atas rata-rata. Maksimalkan kecepatan Abate, Pato, serta Ibrahimovic dengan pergerakan one two touch. Masih bingung dengan one two touch? Tutorialnya ada di LINK INI..

Jika one two touch mengalami kebuntuan, karena bertumpuknya pemain di lini belakang lawan (lawan bermain super defensive), bermainlah agak melebar. Seedorf di kiri dan Robinho di kanan bisa kita maksimalkan skill individunya untuk melewati satu atau dua pemain lawan. Cara melewati lawan tutoialnya ada di LINK INI. Setelah melewati setidaknya dua orang pemain, pasti akan tercipta ruang kosong yang bisa kita maksimalkan. Ibrahimovic adalah ujung dari serangan Milan (Target Man).

- Menit 1-20.
Mungkin ini adalah masa penjajakan untuk mengenal karakter permainan lawan. Ukur dulu kemampuan lawan, tapi jangan sampai terbawa ritme permainan lawan. Jika lawan bermain defensive, jangan ragu untuk bermain menyerang. Jika lawan bermain dengan Spartan atau terorganisir dengan baik, inilah yang patut diwaspadai. Segera oper bola ke pemain tengah, jangan berlama-lama bermain di belakang.

- Menit 20-45.
Sekarang setidaknya kita sudah mengetahui karakter permainan lawan. Jika dalam waktu ini kita berada dalam keadaan tertinggal 1 atau 2 gol dari lawan, jangan panik. Tetap susun serangan secara perlahan-lahan. Cobalah untuk memvariasikan serangan. Jangan terlalu monoton. Kombinasikan serangan one two touch dengan umpan-umpan crossing. Buatlah lawan menjadi bingung dengan serangan kita. Tapi tetap waspada dengan serangan balik lawan. Pirlo dan Ibrahimovic bisa menjadi kunci dalam menit-menit ini. Masksimalkan peran mereka berdua.

- Menit 45-70.
Ini adalah saatnya merubah permainan. Jika masih tertinggal, usahakan untuk bermain menyerang. Apalagi jika kita tertinggal lebih dari 2 gol. Segera ubah formasi 3-4-3 menjadi 2-2-3-3. Tidak ada pilihan lain. Tapi pada penggunaan formasi ini, sangat membutuhkan konsentrasi tinggi. Bagaimana tidak, kita hanya meninggalkan hanya 2 org pemain di lini belakanag.

Percayalah, lawan akan mengalami sedikit tekanan mental ketika kita bermain menyerang seperti ini. Hehehe.. Jangan sampai salah umpan, Jangan sampai melakukan tindakan-tindakan ceroboh seperti menendang asal-asalan ke arah gawang dalam posisi yang tidak tepat (agar ini tidak terjadi, baca tutorialnya di LINK INI. ya). Waspadai kecepatan pemain lawan. Apalagi kalau lawan memakai Barcelona, Real Madrid, atau Manchester United.

Hal diatas adalah jika kita berada dalam kondisi tertinggal, jika memimpin, tetaplah bermain dengan tenang. Mainkan bola dari kaki ke kaki. Biasanya lawan akan emosi jika kita bermain seperti ini. Apalagi jika mereka dalam keadaan tertinggal. hehehe.. ujung-ujungnya mereka tidak akan sabar dan akan melakukan tackle-tackle kasar. Jika mendapatkan kartu merah, menjadi keuntungan buat kita kan..

Mainkan bola di tengah sambil melihat pemain depan yang berada dalam posisi yang kosong (bisa dilihat melalui radar. Bingung apa itu radar? Baca di LINK INI. ya bos..). Jika melihat celah, langsung lepaskan umpan terobosan segitiga atau L1+segitiga (tutorialnya di LINK INI.). Untuk melepaskan umpan terobosan, percayakan kepada Pirlo.

- Menit 70-90.
Ini adalah waktu yang paling krusial. Perhatikan kondisi fisik pemain kita. Ketika staminanya sudah jauh menurun (berwarna merah), segera masukkan pemain yang lebih fresh. Tidak perduli apakah kita dalam keadaan memimpin atau dalam keadaan tertinggal. Kehadiran pemain yang lebih bertenaga adalah sangat mutlak.

Jika kita masih dalam keadaan tertingaal, bermainlah dengan habisa-habisan. Kalah 3 gol atau 5 gol sama saja. Toh sama-sama kalah kan.. hehehe.. Biasanya dalam waktu ini, lawan yang unggul akan lebih defensive. Sering-sering saja melepaskan tendangan jarak jauh dengan menggunakan Ibrahimovic dan Pato. Kedua pemain ini cukup mumpuni untuk melakukan hal tersebut. Jika lawan menguasai bola, segera “keroyok” pemain itu dan hajar dengan tackle bertubi-tubi.. hehehehe.. ( caranya lihat di LINK INI.)

Jika dalam keadaan memimpin, tetaplah bermain dengan tenang. Tetap alirkan bola dari kaki ke kaki. Lawan pun akan menjadi semakin strez.. hehehehe.. Tetap amati radar agar mengetahui posisi pemain kita yang tidak terjaga. Jika perlu, mainkan strategy defensive di menit-menit ini. Jangan terlalu mengambil resiko. Tapi kalau saya sih tetap akan menyerang walaupun dalam keadaan memimpin, toh menyerang adalah pertahanan yang terbaik kan.. hehehehe..

Ok, cukup sekian tutorial tentang klub kesayangan saya ini.. hehehe.. bagi yang punya pengalaman lain yang lebih maknyus, share di kolom komentar ya... Jika ingin melihat tutorial Tim yang lain, berkunjung ke LINK INI. ya.. Semoga Bermanfaat..


2 comments:

Teras Info mengatakan...

wah...keren ni...tapi sayangnya saya ngga pandai dalam bermain game...he..he..he..maklumlah...

terimakasih banyak atas infonya...
salam kenal..

Tiki Tutor mengatakan...

@ teras Info : Hohoho..
master blog ya hobinya ngutak-ngatik blog ni, bukan ngegame..
hehehe..
makasi gan udah berkunjung..

salam kenal juga ya..

Posting Komentar

Komentar bernada sara, pornografi, atau kekerasan akan dihapus oleh admin. Berkomentarlah dengan bijak

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme