Cara bermain taktis dan efisien..

Sabtu, 09 Oktober 2010


Pada tutorial kali ini, kita akan membahas 4 macam hal yang akan sangat membantu kita mengusung permainan yang taktis dan efisien dan ujung-ujungnya akan memudahkan kita dalam mencetak gol..

Keempat hal tersebut adalah :
1. Megoptimalkan radar
2. Mengoptimalkan one two touch
3. Mempergunakan playmaker atau gamemaker
4. Passing Segitiga atau L1 + segitiga

Ok, langsung saja kita masuk ke pembahasan ke empat hal tersebut.. cekidot!
1. Megoptimalkan radar
Bingung apa itu radar? Atau ndak pernah tau dengan yang namanya radar? Sip, lihat langsung screen shoot dibawah ini..



Sudah tau sekarang yang namanya radar kan? Hehehehe.. letaknya biasa dibagian tengah bawah atau atas. Radara ini berisikan bulatan-bulatan kecil yang terdiri dari 2 warna yang masing-masing warnanya mewakili sebuah keseblasan yang sedang bertanding.

Mungkin banyak orang yang menyepelekan penggunaan radar ketika bertanding. Bahkan banyak yang menghilangkannya dari layar permainan, padahal dengan adanya radar kita tidak memiliki batasan penglihatan seakan-akan kita memiliki mata dilangit stadion.. hehehe

Intinya,dengan adanya radar, kita dapat menentukan kearah mana kita akan mengumpan bola. Tentunya dengan melihat pemain di posisi mana yang tidak terkawal oleh pemain. Penggunaan radar ini akan sangat-teramat efektif ketika menyusun serangan baik cepat..

2. Mengoptimalkan one two touch
Permainan yang taktis dan efektif adalah permainan yang dapat mengalirkan bola dari kaki ke kaki hanya dengan beberapa sentuhan saja dan tanpa disadari pemain kita yang sedang menggiring bola sudah berada di dalam kotak pinalti lawan.

Cara terektif adalah dengan menggunakan one two touch atau satu dua sentuhan.. mungkin beberapa master PES sudah tak asing lagi dengan metode permainan ini.saya yakin tak jarang gol-gol tercipta karena diawali pergerakan ini. Sangking ampuhnya, penggunaan one two touch ini sudah diharamkan di turnamen-turnamen PES pada konsol PS1..

Namun sekarang, penggunaan one two touch ini sudah lebih susah dipergunakan daripada one two touch pada PS1. Jika pada PS1, hanya dengan menggunakan L1+X, one two touch sudah langsung berjalan dan lawan bisa dilewati dengan mudah..

Namun pada PS2, PS3, dan PC, penggunaan one two touch menuntut intuisi, insting, dan pengamatan yang teliti. Jika berhasil, akan membuat pemain kita melewati beberapa pemain lawan dengan mudah.. cekidot!

Klik Tombol:







Sangat terihat mudah kan? Untuk melakukan pergerakan ini, awali dengan menekan tombol L1+X. Ketika bola telah diumpan oleh pemain A ke pemain B, pemain A akan berlari lurus ke depan secara otomatis tanpa kita gerakkan.. perhatikan perubahan gambar 1 ke gambar 2..

Ok, setelah itu, perhatikan posisi pemain A, apakah sudah berada di tempat kosong atau belum, jika sudah segera tean tombol X (jika ingin mengumpan pendek) atau tekan tombol segitiga (jika ingin memberi umpan langsung / through pass)..

Dengan metode pergerakan ini, kita dapat menciptakan gol hanya dengan mempergunakan 2 orang pemain saja. Tentunya dengan mempergunakan one two touch berkali-kali. Pergerakan ini juga dapat dikombinasikan dengan umpan lambung jauh atau L1+segitiga.

3. Mempergunakan playmaker atau gamemaker
Apakah yang terjadi pada Nankatsu apabila Tsubasa Ozora cidera? Apakah yang terjadi pada Musasi FC apabila Jun Misugi cidera? Hehehe.. Yap! Tim tersebut akan susah untuk memenangkan pertandingan..

Pemain-pemain yang saya sebut diatas adalah Gamemaker atau Playmaker pada tim mereka. Tanpa pemain tersebut, alur serangan tim akan menjadi rusak dan tidak tertata rapi. Biasanya, playmaker berposisi di gelandang serang (AM) atau pemain tengah (CM). Tidak sembarang pemain bisa menjadi playmaker, pastikan atribut pemain tersebut seperti long pass, technique, short pass, drible,bernilai diatas 75..

Jika bola sudah berada pada playmaker, jangan ragu untuk melepaskan passing pendek (tombol X) atau umpan jauh (tombol segitiga atau L1+segitiga) ke penyerang depan..
Tim anda tidak memiliki playmaker? Jangan bersedih.. hahaha.. Memilki playmaker bukanlah sebuah kewajiban yang harus dimiliki oleh sebuah tim. Permainan yang efektif juga dapat diusung oleh tim yang memiliki kolektivitas yang tinggi..
So.. it’s your choice..

4. Passing Segitiga atau L1 + segitiga
Passing atau umpan yang menggunakan tombol segitiga biasanya lebih tajam daripada passing yang menggunakan tombol X. Passing segitiga membuat pemain yang diumpan dituntut untuk mengejar bola yang mengarah ke gawang lawan. Oleh karenanya, passing tombol segitiga ini sering digunakan sebagai umpan sodoran yang menusuk ke jantung pertahanan lawan. Apabila dipergunakan dengan baik, tak susah bagi kita untuk mencetak gol..

Hal yang terpenting dalam penggunaannya adalah mengacu pada posisi pemain kita dengan posisi pemain lawan yang menjaganya. Jangan pernah mempergunakan umpan tombol segitiga ini apabila jarak antara kedua pemain tersebut kurang lebih 2 sampai 3 langkah, karena dipastikan bahwa umpan tersebut akan gagal..

Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar dibawah ini :

Klik Tombol:



Gambar tersebut adalah posisi ideal pemain A untuk melepaskan umpan segitiga atau L1+segitiga (bola lambung) ke pemain B. Karena biasanya pemain X yang menjaga akan tertinggal ketika mengejar bola. Oleh karenanya, perhatikan dulu posisi pemain kita sebelum mengumpan. Untuk hal ini, teman-teman bisa melihatnya melalui radar..

Kombinasikan jenis umpan ini dengan one two touch, dijamin akan menghasilkan pergerakan yang sangat berbahaya.. sering-seringlah berarti di menu training.. alah bisa karena biasa kan.. hehehe..

Ok,untuk tutorial “Cara bermain taktis dan efisien” saya cukupkan sampai disini. Sampai jumpa ditutorial yang lain.. Semoga bermanfaat..


0 comments:

Posting Komentar

Komentar bernada sara, pornografi, atau kekerasan akan dihapus oleh admin. Berkomentarlah dengan bijak

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme